Loading...

Untuk Si Kecil yang Belum Lancar Berbicara, Bunda Bisa Terapkan 6 Tips Jitu Ini Agar Bisa Cepat Berbicara Lancar !! Sudah Terbukti..

Sponsored Links
.
Loading...
Untuk Si Kecil yang Belum Lancar Berbicara, Bunda Bisa Terapkan 6 Tips Jitu Ini Agar Bisa Cepat Berbicara Lancar !! Sudah Terbukti..

Cara agar anak lancar bicara – Si kecil yang baru berumur anta 3 – 4 tahun yang belum pandai bicara memang sangat menggemaskan, suaranya yang imut, belum lancar dan cadel dalam mengucapkan kata kata membuat kita ingin mengerti apa yang Dia ucapkan.

Bayi yang memasuki usia 12 hingga 18 bulan umumnya sudah berada di tahap true speech, dimana perkataan mereka sudah mulai memiliki arti, meskipun terkesan belum jelas dan cadel, namun ucapan Meraka sudah bisa menjelaskan sebuah makna. Contohnya anak mengatakan “mimi” untuk minum dan “mam” untuk makan

namun agar anak lancar berbicara dan bisa mengucapkan sesuatu dengan jelas, peran orang tua juga sangat dibutuhkan disini. Berikut hal hal yang harus Anda lakukan agar anak cepat lancar berbicara.

1. Ajak berinteraksi dengan menceritakan apa saja
Saat Anda sedang melakukan aktivitas bersama anak seperti memandikannya, atau mengganti baju, ajaklah Anak Anda berinteraksi dengan bercerita apa saja contohnya mengenai apa gambar yang ada di pakaiannya, warna apa bajunya dan hal hal yang belum dia mengerti.

2. Berbicara secara Face to Face
Jika Bunda ingin Anak cepat lancar bicara, usahakan sesering mungkin untuk berbicara secara face to face dengannya. Dengan cara ini anak bisa melihat ekspresi wajah serta gerakan mulut Anda dengan jelas. Cara ini akan menarik si anak untuk berbicara mengikuti yang Anda ucapkan.

3. Ajak Membaca Buku, Bercerita, dan Menyanyi
Cara sederhana agar anak pandai bicara dengan cepat yakni dengan mengajaknya membaca, tebak gambar, dan bernyanyi. Hal ini dijelaskan Rita Rahmawati, Amd Tw, Spd seorang terapis wicara di Rumah Terapi dan RS Harapan Kita.

Salah satu cara yang cukup efektif dengan membaca, ketika Anda sedang membacakan sebuah cerita sebaikknya beri jeda untuk bertanya padanya misalnya “selanjutnya apa yang akan terjadi ya?”

Selanjutnya ketika Anda sedang mengajaknya bernyanyi, misalnya menyanyikan lagu balonku. Anda bisa memotong lagunya “meletus balon hijau…” Sehingga buah hati memiliki kesempatan untuk ikut bernyanyi

4. Berbicara secara jelas dan Perlahan
Balita atau anak kecil memang masih kesulitan untuk mencerna istilah dan perkataan perkataan yang baru. maka dari itu, jika Anda sedang berbicara dengan buah hati, sebaiknya bicaralah dengan jelas, hindari menggunakan kata kata bayi seperti di cadel cadel kan. Sehi8ngga semakin lama anak akan terbiasa dengan kata kata yang jelas yang Anda ucapkan

5. Ajukan Pertanyaan sederhana
Tips agar anak pandai bicara selanjutnya yakni dengan mengajukan pertanyaan terbuka. Ajukanlah pertanyaan sederhana contohnya seperti “Tadi kamu di kelas ngapain aja nak?” atau “tadi gurunya baik nggak?”

6. Merespons Ucapan Anak
Saat Anak Anda sedang berbicara tidak jelas, sebaiknya Anda segera merespon ucapan anak. Dengan merespon perkataan Anak, merupakan langkah awal yang baik untuk berkomunikasi, sehingga amak asemakin tertari8k untuk berkata dan berkomunikasi lebih baik lagi. Contohnya jika anak mengucapkan “kelinci”, Anda bisa menjawabnya dengan kelinci besar atau “kelinci putih”

Itulah beberapa cara agar anak cepat lancar berbicara, semoga bermanfaat untuk Bunda dan buah hati


Sponsored Links
Loading...
SHARE

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...