Loading...

Ternyata Pahlawan yang Satu ini Adalah Muslim Sejati Subhanallah MARI BAGIKAN !!

Sponsored Links
.
Loading...

Ternyata Pahlawan nasional kita patimura yaitu muslim sejati berikut dia sosok yang demikian agung, subhanallah, mari kita tiru. Usaha pengaburan histori perjuangan para pahlawan Indonesia selalu berjalan, salah satunya berlangsung pada sosok Kapitan Pattimura.


Nama asli Pattimura yaitu Ahmad Lussy, tetapi buku-buku histori seringkali menuliskan kalau namanya Thomas Mattulessy yang diidentikan dengan nama-nama barat Kristiani.

Perlawananya pada penjajah kolonial Belanda, bikin Ahmad Lussy mditangkap serta dijatuhi hukuman gantung. Ahmad Lussy syahid di tiang gantungan pada 16 Desember 1817.


Sebelumnya digantung,


Ahmad Lussy mengucapkan perkataan Tamsil yang berbunyi : “Saya katakan pada anda sekalian (kalau) saya yaitu beringin besar dan tiap-tiap beringin besar bakal rubuh namun beringin lain bakal menggantinya. (demikian juga) saya katakan kepada anda sekalian (kalau) saya yaitu batu besar dan tiap-tiap batu besar bakal terguling namun batu lain bakal menggantinya”.


Ahmad Lussy atau dalam bahasa Maluku dimaksud Mat Lussy, lahir di Hualoy, Seram Selatan (bukanlah Saparua seperti yang dikenal dalam sejarah versus pemerintah). Ia bangsawan dari kerajaan Islam Sahulau, yang saat itu diperintah Sultan Abdurrahman. Raja ini di kenal juga dengan sebutan Sultan Kasimillah (Kazim Allah/Asisten Allah). Dalam bahasa Maluku disebut Kasimiliali.




Ahmad Lussy yaitu seorang Muslim yang patuh. Terkecuali keturunan bangsawan, ia juga seorang ulama. Data histori menyebutkan kalau pada masa itu semua pemimpin perang di lokasi Maluku yaitu bangsawan atau ulama, atau keduanya.

Sumber : MuslimJuara. org
Sponsored Links
Loading...
SHARE

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...