Loading...

Sebelum Terlambat,! Ibu BapakTolong Baca, Inilah Daftar Jajanan Anak SD Yang Terindikasi Bahan Berbahaya.

Sponsored Links
.
Loading...
Jajanan anak sekolah juga ramai ditemukan tercemar bahan berbahaya dan bahan penambahan pangan yang tidak memenuhi prasyarat. Jajanan yang dikira mempunyai potensi yang rawan terindikasi bahan beresiko yaitu jajanan yang dekat dengan beberapa murid, terutama murid Sekolah Dasar (SD).



Tidak heran, jajanan yang rasanya manis disertai dengan bentuk dan warna yang menarik pasti disukai anak-anak SD. Tetapi nyatanya belum bebas dari zat beresiko dan aman untuk dikonsumsi. Methanil yellow, boraks, Rodhamin B, dan formalin yaitu beberapa zat beresiko yang sering dipakai dalam jajanan anak sekolah

Di bawah ini jenis jajanan sekolah yang diduga memakai beberapa zat beresiko, seperti yang dilansir brilio. net dari berbagai sumber.

1. Bakso 
Bakso menjadi jajanan yang disukai oleh anak SD. Penyajiannya yang terkadang tidak perlu memakai kuah saja telah cukup enak untuk di nikmati serta gampang dibawa kemana-kemana sembari mereka bermain. Namun sayangnya bakso sering jadi tujuan empuk untuk di beri bahan pengawet berbahaya, seperti boraks dan formalin.

2. Tahu 
Makanan yang memiliki bahan baku kedelai ini tidak cuma hanya digemari oleh anak-anak namun juga kebanyakan orang. Terlebih bila sudah di proses jadi beragam jenis hidangan yang menggugah selera. Di samping rasa-rasanya yang lezat, makanan rakyat ini diakui mempunyai kandungan nabati terbaik yang pastinya berguna untuk kesehatan.

Namun masihlah saja ada usaha dari sekumpulan pedagang tahu yang berjualan lewat cara tidak jujur. Segelintir pedagang nakal nekat memakai zat pengawet seperti formalin. Formalin yaitu bahan kimia yang kegunaanya untuk masalah luar badan. Misalnya untuk pembunuh hama, pengawet mayat, bahan disinfektan dalam industri plastik, busa, serta resin untuk kertas.

3. Mi Basah 
Dengan cara fisik panca indera kita memang sulit untuk mendeteksi mi mana yang tercemar bahan beresiko seperti formalin. Terlebih bila mi telah di proses jadi makanan seperti mi ayam penampilannya jadi begitu bagus serta lebih kenyal. Sebagai customer kita harus juga serius menyimak ciri-ciri fisik mie (terutama mi basah).

Mi yang memiliki kandungan formalin bercirikan aroma seperti obat walau berkali-kali dibasuh air bahkan juga di rebus, awet hingga tahan dua hari dalam suhu kamar (25 celcius) dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es 10 derajat celcius.

4. Cone untuk es krim 
Menurut BPOM, cone es yang di jual didagangan ‘es tong tong’ sering digabung dengan zat beresiko, yaitu methanil yellow. Maksud pencampuran methanil yellow untuk berikan dampak warna jelas serta mencolok pada es cream serta agar tetaplah kering waktu terkena es. Padahal, zat ini digunakan untuk pewarna tekstil, kertas, dan cat. Lepas dari warna cone es cream yang tidak mencolok juga, es krim telah jadi jajanan anak-anak, terlebih ditambah dengan warna cone yang mencolok.

Methanil yellow juga adalah satu diantara zat pewarna yang tidak diizinkan untuk ditambahkan kedalam bahan makanan. Apabila tertelan bisa mengakibatkan masalah kesehatan berbentuk iritasi pada saluran pencernaan, jika terkena pada bibir bisa mengakibatkan bibir pecah-pecah, kering, gatal bahkan juga bisa menyebabkan kulit bibir mengelupas. Bahaya kritis akiibat konsumsi dalam periode panjang mengakibatkan masalah kesehatan pada manfaat hati, masalah kandung kemih, bahkan juga kanker.

5. Gula-gula (gulali) 
Gula-gula atau yang di kenal oleh anak SD sebagai gulali yang berwarna-warni. Gulali umumnya berwarna merah jelas serta menyala juga dapat dibuktikan mengandung Rodhamin B. Rodhamin B yaitu jenis zat kimia yang dipakai untuk pewarna tekstil serta kertas serta terang tidak diperbolehkan untuk makanan. Zat itu jika dikonsumsi bisa menyebabkan rusaknya hati, ginjal, kanker kandung kemih serta gangguan hati.

Silahkan share ke semuanya rekanmu, terutama para bunda agar lebih bisa mengkontrol jajanan anak kita. HP – Sebarkanlah. com/Brilio
Sponsored Links
Loading...
SHARE

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...