Loading...

AMZING !!! SP3RM4 Kini Bisa Dibikin dari Sel Kulit, Begini Caranya Dan SHARE

Sponsored Links
.
Loading...


Tim ilmuwan dari University of Pittsburgh School of Medicine, Amerika Serikat, temukan langkah baru untuk mengobati permasalahan kesuburan pria.

 Penelitian mereka menunjukkan kesuburan pria bisa dipulihkan dengan sp3rm4 yang ditumbuhkan dari kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa sel tubuh orang dewasa, seperti kulit, bisa didorong untuk kembali pada keadaan yang lebih primitif, lalu dirubah jadi jenis sel yang berbeda. Salah satu jenis sel yang di ciptakan dari teknik baru ini yaitu sp3rm4.


 " Kami mengharapkan teknik ini dapat membantu pria penderita kanker menjadi ayah. Sebab, infertilitas jadi efek samping dari sebagian pengobatan kanker,
" ujar Charles Easley, yang memimpin penelitian.

Tim peneliti menemukan sel punca dari sampel kulit bisa ditumbuhkan jadi beberapa sel kunci, salah satunya adalah beberapa sel sp3rm4 tahap awal.

 " Sp3rm4 memanglah bisa disimpan untuk prosedur inseminasi buatan, namun itu tidak membantu sebagian pasien, seperti anak lelaki pra-pubertas, " ujar Easley.

Temuan ini dikembangkan setelah beberapa ilmuwan Inggris menyebutkan sudah membuat terobosan besar dengan membuat jaringan otak dari kulit manusia.

Sesungguhnya ada prosedur untuk menyimpan jaringan testis sebelumnya terapi kanker.
Tetapi, kata Easley, banyak orang tidak mempunyai peluang untuk melindungi jaringan itu tetap steril dengan cara permanen. Serta sejauh ini tidak ada obat untuk menangani k3m4ndul4n mereka.

Temuan Easley serta rekan-rekannya ini membuka peluang untuk memulihkan kesuburan pria steril dengan sampel kulit yang mudah didapat.

 " Saat ini sp3rm4 manusia bisa di buat dari sel punca multipotensi di laboratorium, " ujarnya. Sel punca multipotensi yaitu sel punca yang bisa dibuat menjadi hampir semua macam sel dalam tubuh.

Teknik baru ini dapat memberi beberapa ilmuwan peluang unik untuk mempelajari tanda molekul yang mengatur sistem pembentukan sp3rm4.

Lebih lanjut teknik ini bisa digunakan untuk menemukan langkah baru diagnosis serta penyembuhan infertilitas pria.

Temuan Easley begitu menggembirakan beberapa ilmuwan.
Tapi, banyak pihak juga cemas teknik ini akan disalahgunakan untuk membuat kehidupan lewat beberapa cara buatan. Terlebih penelitian sel punca masih kontroversial.
Sponsored Links
Loading...
SHARE

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...