Loading...

Heboh.!!! "Nyi Roro Kidul" Bawakan Bendara Untuk Upacara HUT RI di Purwakarta. Begini Alasannya

Sponsored Links
.
Loading...
Bila biasanya duplikat bendera Merah Putih diserahkan kepala daerah ke pasukan pengibar bendera, tak demikian yang terjadi di Purwakarta, Jawa Barat.

Di kabupaten itu, bendera merah-putih diserahterimakan pada Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dari sosok Nyi Ratu Kidul. Bendera itu lalu diserahkan pada paskibra buat dikibarkan pada upacara bendera, Rabu (17/8/2016) besok.

Runtutan protokoler di Purwakarta ini resmi dirubah per th. ini. Dedi berniat mengubahnya untuk mengembalikan kultur merah-putih pada akar kebudayaan serta kebiasaan bangsa Indonesia.

Menurut Dedi, sesungguhnya kedua warna itu menempel pada manusia Indonesia sejak lahir.

 " Ingat enggak dulu saat pertama kita lahir, orang-tua kita membuat bubur merah serta bubur putih waktu memberi kita nama. Jadi ke-2 warna ini akrab dengan manusia Indonesia, " katanya dalam info pers yang di terima Kompas. com, Selasa (16/8/2016).

Tentang korelasinya dengan Nyi Ratu Kidul, Dedi menerangkan, Nyi Ratu yaitu sosok ibu penjaga. Karena itu, salah besar bila sosok Nyi Ratu Kidul dikira sebagai sisi dari mistis.

 " Mengapa merah-putih itu saya dapatkan dari sosok Nyi Ratu Kidul? Karena Ratu Kidul ini kan lambang penjaga laut. Jadi mereka yang merusak laut itu tak mempunyai jiwa nasionalisme. Saya pernah katakan kalau Menteri Kelautan serta Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, itu Nyi Ratu Kidul lantaran dia berani mengebom kapal-kapal pencuri kekayaan laut Indonesia, " ujarnya.

Pemeran lakon Nyi Ratu Kidul dalam tarian kolosal pengukuhan paskibra, Cinta Rizkiya, mengakui bangga membawakan tarian kolosal itu di hadapan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah.

Menurut Cinta, bukan sekali ini saja dianya disuruh memainkan lakon tersebut . Ia beberapa kali sudah tarian pentas dalam beragam acara di Kabupaten Purwakarta.

 " Nyi Ratu Kidul kan tokoh yang melegenda. Awalnya memang agak canggung, takut tak dapat. Namun sesudah berlatih, canggungnya hilang. Waktu menari itu sukai merinding tidak tahu mengapa, " ucapnya.

Bendera yang bakal dikibarkan oleh petugas paskibra itu kini tersimpan rapi di Museum Bale Panyawangan Diorama Tatar Sunda, Jalan KK Singawinata, Purwakarta.

Bendera itu akan diarak menuju Taman Pesanggrahan Padjadjaran sebelum dikibarkan esok hari.


Penulis : Kontributor Bandung, Reni Susanti
Editor : Laksono Hari Wiwoho
Sumber     : regional.kompas.com
Sponsored Links
Loading...
SHARE

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...