Loading...

Keren! Cukup Pake Botol Bekas , Bisa Kamu Sulap Jadi Alat Yang Banyak di Butuhkan Banyak Orang!

Sponsored Links
.
Loading...
Suhu yang tinggi membuat banyak orang gerah sehingga sulit beraktifitas. Itu sebabnya akhir-akhir ini banyak yang tidak bisa hidup tanpa menggunakan Air Conditioner (AC) atau pendingin udara. Meski demikian, tidak semua orang bisa menikmati dinginya AC, selain perlu biaya tinggi untuk membelinya, biaya untuk konsumsi listriknya juga tidak murah.

Salah satu negara yang suhunya cukup tinggi adalah Bangladesh. Negara di Asia Selatan yang kerap dilanda cuaca panas hingga mencapai 45 derajat celcius. Keadaan tersebut diperburuk dengan kondisi ekonomi warganya yang tidak bagus sehingga kesulitan untuk bisa membeli AC.

Alih-alih menggunakan AC untuk melawan suhu tinggi tersebut, untuk menggunakan kipas angin listrik saja hampir tak mungkin. tercatat lebih dari 28.000 orang bahkan masih tinggal tanpa aliran listrik di gubuk kecil mereka.

Dilansir dari sooperboy.com, untuk mengatasi problem warga tersebut, muncul inisiatif untuk mengusir hawa panas dengan cara amat sederhana namun termasuk brilian. Sebuah akun media sosial Bang-Lish Bhaichainchain menjelaskan proses pembuatan alat pendingin udara yang sangat alami.

Alat pendingin ruangan tersebut dibuat cukup sederhana dan hanya menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Hal pertama yang dibutuhkan adalah botol plastik bekas serta papan kayu.

Botol tersebut dipotong pada bagian tengah dan hanya dimanfaatkan bagian atasnya saja. Langkah selanjutnya papan persegi atau sesuai kebtuhan dilubangi dengan jarak tertentu. Lubang tersebut sesuai dengan besarnya kepala botol.

Botol-botol yang sudah dipotong tersebut lantas di pasangkan pada papan kayu yang berlubang dan kemudian di pasang di jendela rumah.

Secara sederhana alat itu menangkap angin dari luar melalui bagian belakang botol yang yang dipotong lantas di hempaskan dengan tekanan lebih tinggi ke lubang yang lebih kecil dibagian tutup botol.

Dalam video itu juga dijelaskan bahwa ide mendinginkan ruangan dengan botol mineral merupakan cara paling alternatif yang bisa dilakukan bagi warga yang belum menggunakan listrik. Bahkan mereka mampu memberikan bukti bahwa suhu udara dalam ruangan turun setelah menggunakan alat sederhana tersebut.


Sumber: SuratKabar.Co
Sponsored Links
Loading...
SHARE

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...